PERTEMUAN SINKRONISASI DATA STATISTIK ANGKA SEMENTARA (ASEM) 2019 DAN ANGKA ESTIMASI (AESTI) 2020

PERTEMUAN SINKRONISASI DATA STATISTIK ANGKA SEMENTARA (ASEM) 2019 DAN ANGKA ESTIMASI (AESTI) 2020

   

Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tengah melalui Sub Bagian Program menggelar Pertemuan Sinkronisasi Data Statistik Angka Sementara (ASEM) 2019 dan Angka Estimasi (AESTI) 2020  di Hotel Zamrud Palu, Selasa 24 September  2018.

Pertemuan Penyusunan Data Statistik Perkebunan ASEM 2018 dan AESTI 2019 berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai hari ini, Selasa 24 Septemer  sampai dengan hari Kamis 25 September  2019. Peserta yang mengikuti pertemuan berjumlah 30 orang peserta yang terdiri dari 26 peserta dari kabupaten/kota selaku Petugas Pengumpul dan Pengolah Data Statistik serta 4 orang peserta dari Provinsi bidang teknis lingkup Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulawesi Tengah. 

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Kepala Bidang Produksi dan Perlindungan Tanaman Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulawesi Tengah, Bapak Ir. Kamaruddin, MP. Dalam sambutannya, Kepala Bidang mengatakan Ketersediaan data dan informasi mutlak di perlukan dalam perumusan perencanaan dan kebijakan serta evaluasi terhadap proses pembangunan sub sector perkebunan. Perencanaan dan kebijakan akan efektif mencapai sasaran yang di harapkan apabila didasarkan atas data dan informasi yang berkualitas, yaitu akurat, tepat waktu dan lengkap sesuai dengan kebutuhan. Pada dasarnya data dan informasi sub sektor perkebunan yang tersedia selama ini berasal dari pengumpulan data yang dilakukan oleh mantra kebun atau PPL di tingkat kecamatan yang secara berjenjang di rekap dan dikirimkan sampai ke pusat

Sebagaimana diketahui bersama, tujuan utama dilakukannya pertemuan ini yakni ketersediaan Data Statistik Perkebunan angka sementara dan angka estimasi per komoditi pada 13 Kabupaten/kota, Tersedianya  data statistik perkebunan yang sahih, handal, mutakhir, obyektif dan Konsisten, serta sebagai sarana untuk  Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Petugas Kabupaten dalam metode pengumpulan data statistik perkebunan.

 

 

 

  

 

 

 


Print   Email